5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Blogger Dan Wordpress Adalah 2 Platform Tools Terkenal Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Keperluan Web Building Atau Sekedar Personal Blogging
5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Eksploitech.my.id ~ 5+ Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense - blogger dan wordpress adalah 2 platform tools terkenal yang bisa kamu gunakan untuk keperluan web building atau sekedar personal blogging.

Ketika seseorang ingin membuat situs, pastinya ia akan menentukan beberapa hal seperti strategi, promosi situs, dan platform tools yang akan dipakai. Sebenarnya ada banyak platform atau software yang bisa kamu gunakan untuk membangun situsmu sendiri.

Namun dari sekian banyak platform blogging tersebut, ada 2 platform yang paling populer, yakni blogger dan wordpress, untuk menentukan platform atau tools mana yang paling tepat, simak terlebih dahulu perbedaan serta kekurangan dan kelebihannya di artikel ini.


Pengenalan Blogger Dan Wordpress

Jika ngomongin blogging, blogger dan wordpress adalah dua platform tools yang banyak dipakai. Sebelum tau perbedaannya yuk kita kenalan dulu dengan kedua platform ini.

Blogger

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Sejak dulu blogger dikenal dengan platform toolsnya yang user-friendly dan sangat cocok untuk pemula yang baru terjun ke dunia blog tanpa adanya pengalaman tentang webmaster (Pengelolaan Situs).

Blogger atau blogspot adalah platform blogging yang dimiliki dan dikembangkan oleh google, dengan memakai blogger kamu bisa membuat blog dan mempublish artikelnya dalam hitungan menit.


Wordpress

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Wordpress dibagi menjadi dua versi platform:

  • Platform Wordpress.com adalah layanan untuk membuat blog hosted gratis sama seperti blogger, platform ini juga tersedia dalam paket premium dengan fitur-fitur tambahan.
  • Platform Wordpress.org adalah layanan untuk membuat situs berbasis self-hosted dengan proyek open-source sehingga platform ini memiliki banyak fitur dan beberapa opsi canggih tambahan.
Wordpress yang sering dibahas di internet adalah wordpress.org atau wordpress yang versi self-hosted. Platform ini gratis untuk digunakan hanya saja untuk menggunakannya diperlukan hosting sebagai tempat penyimpanan data situs dan juga domain sebagai alamat situs.

Jika sudah mengerti keduanya, mari lanjut ke perbedaan diantara dua platform ini berdasarkan 5 poin utama.


5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Hak Kepemilikan

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Menggunakan blogger untuk membuat blog tidak memerlukan hosting juga domain karena data penyimpanan blog ditanggung penuh oleh google, sehingga jika sewaktu-waktu blog yang kamu buat melanggar syarat dan ketentuan dari google maka bisa saja google menghapus blog mu kapan pun.

Sedangkan pada wordpress self-hosted seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk membuat situs pribadi, kamu membutuhkan hosting sebagai penyimpanan data situs dan juga domain, kamu bebas menentukan seberapa lama situs diaktifkan dan kamu juga adalah pemilik utama data situs yang disimpan pada hosting sehingga kontrol penuh situs hanya kamu seorang yang memegangnya.


Tampilan

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Tampilan dasar blogger menggunakan kode berbasis xml yang sering disebut sebagai template, untuk template default yang sudah disediakaan oleh blogger cukup terbatas dan kurang menarik. Jika kamu menginginkan template yang menarik dari blogger maka kamu perlu membeli template dari pihak ketiga yang sudah banyak tersedia.

Sedangkan theme adalah sebutan dari tampilan wordpress (fungsinya sama seperti template hanya saja versi wordpress ini berbasis kode php). Theme default yang disediakan wordpress lebih banyak dan lebih menarik sehingga tanpa membeli dari theme dari pihak ketiga pun tampilan situs sudah menarik.


Aneka Fitur

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Fitur yang tersedia pada wordpress mencapai puluhan bahkan mungkin ratusan fitur yang dibungkus dalam bentuk plugin, dan jika kamu ingin memakainya, kamu tinggal download dan install pluginnya saja. Sedangkan pada blogger, fitur yang disediakan sangatlah terbatas karena blogger hanya berkisar pada html yang sedikit jumlahnya.


Monetisasi

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Dalam hal monetisasi, blogger lebih unggul satu langkah dibandingkan wordpress. Pada blogger sudah tersedia menu atau widget html/javascript yang bisa kamu gunakan untuk memasang kode iklan adsense tanpa ribet.

Lalu bagaimana dengan monetisasi wordpress? untuk pengaturan monetisasi wordpress sedikit ribet dan juga untuk memonetisasinya diperlukan adanya alamat domain seperti dotcom (.com) dotorg (.org) dotnet (.net) dll. Setelah itu baru mengikuti arahan untuk memasang iklan adsense yang sedikit ribet.


Keamanan

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Untuk poin ini sekali lagi blogger lebih unggul ketimbang wordpress karena hak kepemilikan blog ditanggung oleh google sepenuhnya begitu pula dengan hosting blog. Dengan catatan jika blog tidak melanggar ketentuan google maka blog kamu akan aman-mana saja.

Untuk wordpress sendiri terkenal dengan CMS website yang memiliki keamanan tingkat tinggi dengan pembaruan script secara berkala. Karena hak kepemilikan berada di tangan kamu sepenuhnya maka untuk melakukan backup file kamu harus melakukannya sendiri.


Kesimpulan

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Untuk Adsense

Cara terbaik untuk memilih opsi mana yang akan digunakan untuk membuat blog adalah dengan memahami fitur dan batasan yang tersedia seperti pada beberapa poin diatas. Menentukan tujuan dari situs juga dapat bergantung ke platform yang digunakan.

Jika ingin membuat situs perusahaan atau situs edukasi seperti sekolah dan universitas maka wordpress.org (Self-Hosted) adalah opsi yang terbaik, tetapi jika sekedar ingin membuat blog personal untuk dimonetisasi disarankan untuk memilih platform blogger.com mengingat platform ini mampu membuat blog gratis dalam hitungan menit.