Wajib Tau!! - Inilah Perbedaan Deep Web Dan Dark Web

Banyak orang yang salah mengartikan istilah deepweb dan darkweb, untuk itu kamu perlu ketahui perbedaan deepweb dan darkweb di artikel ini!!
Wajib Tau!! - Inilah Perbedaan Deep Web Dan Dark Web

Eksploitech ~ Wajib Tau!! - Inilah Perbedaan Deep Web Dan Dark Web - Kamu sudah tau apa perbedaan deep web dan dark web? banyak pengguna internet yang masih belum paham akan kedua istilah ini karena memang deep web dan dark web masih jarang tersentuh oleh internet.

Internet yang tiap hari kamu googling di mesin pencari hanyalah 4% bagian dari seluruh konten web di internet dan jika ditelusuri lebih dalam lagi kamu bisa menemukan deep web dan dark web.

Deep web dan dark web adalah bagian tersembunyi dan terluas dari internet, kamu tidak bisa mencarinya di mesin pencari biasa karena bagian ini dienkripsi sangat ketat sehingga memerlukan mesin pencari khusus untuk menyelaminya.

Meskipun sering disalah artikan faktanya mereka berdua terdapat masng-masing perbedaan yang cukup jelas, Mari kita kupas perbedaannya pada artikel ini.


Deep Web

Wajib Tau!! - Inilah Perbedaan Deep Web Dan Dark Web

Deep Web adalah sebagian besar konten web dari internet yang tidak bisa di index menggunakan mesin pencari biasa seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya, yang berarti Deep Web tidak bisa dicari dan dilihat oleh pengguna internet umum.

Deep Web sebenarnya bisa diakses hanya saja ia tidak memunculkan diri di mesin pencari, Deep Web bisa kamu akses dengan menggunakan browser tab biasa seperti Chrome & Edge hanya saja untuk mengaksesnya membutuhkan izin seperti memasukan Url link, Username dan Password khusus.

Banyak orang salah kaprah dalam memaknai Deep Web ini padahal mengakses kontennya relatif aman, Contoh konten dari Deep Web yang sering kita kunjungi adalah Google Drive & Uptobox yang tidak bisa ditemukan di mesin pencari atau diakses sembarang orang tanpa alamat tertentu dan segala proses otentikasi lainnya.

Seperti ketika kamu mengakses sosial media dan email untuk login ke akun pribadi. Instagram misalnya maka kamu sudah resmi menjadi pengguna Deep Web.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Konten web yang kita googling tiap hari hanyalah 4% bagian dari luasnya internet, sisanya 96% adalah informasi di internet dari seluruh dunia yang berada di Deep Web.

Pemerintah atau lembaga-lembaga tertentu memerlukan Deep Web untuk menyimpan informasi internal mereka yang memang bukan untuk dikonsumsi publik seperti data pemertintah, data militer, Mobile Banking dan sebagainya, Makanya tak heran banyak hacker yang berusaha untuk membobol Deep Web.


Dark Web

Wajib Tau!! - Inilah Perbedaan Deep Web Dan Dark Web

Dark Web adalah kumpulan situs web dan jaringan yang sangat terenkripsi dan sengaja di sembunyikan dari pengguna internet, diperkirakan hanya sekitar 0,01% internet di Dark Web, Makanya Dark Web ini sering dikatkan dengan berbagai macam tindakan ilegal seperti pornografi, penjualan narkoba, penjualan senjata tajam, terorisme dan hacker.

Bahkan saking berbahayanya Dark Web, Pemilik situs dan pengaksesnya haruslah menggunakan user anonim guna melindungi data pribadi seperti identitas dan data lokasi.

Mengakses Dark Web tidak bisa menggunakan browser konvensional yang biasa dipakai tetapi harus menggunakan perangkat lunak enkripsi tertentu untuk mengaksesnya seperti The Onion Router (Tor), Tor harus digunakan untuk melindungi privacy ketika berselancar di Dark Web.

Sebenarnya sah sah saja untuk mengaksesnya dan hal itu tidak melanggar hukum, Namun tidak disarankan untuk menjelajahinya karena bisa saja perangkat kamu mengklik link atau mengunduh file yang bisa membuat perangkat kamu rentan terhadap virus.


Kesimpulan

Wajib Tau!! - Inilah Perbedaan Deep Web Dan Dark Web

Sekarang sudah tau kan perbedaan keduanya? Jika Deep Web adalah bagian terbesar dari internet yang sengaja disembunyikan dari pengguna internet, maka Dark Web adalah bagian terdalam dan yang paling berbahaya di internet karena dimanfaatkan sebagai pusat kejahatan siber (Cyber Crime).