5 Perbedaan RDP Dan VPS Windows, Yang Mana Favorit Kamu? ~ Eksploitech
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perbedaan RDP Dan VPS Windows, Yang Mana Favorit Kamu?

Perbedaan RDP Dan VPS
Eksploitech ~ Perbedaan RDP Dan VPS Windows, Yang Mana Favorit Kamu? - Dalam Artikel yang saya publish kali ini, saya akan menjawab segala pertanyaan Kamu mengenai RDP Dan VPS, supaya nantinya tidak kebingungan lagi untuk memilih salah satu diantara keduanya dan tidak salah beli paket yang ditawarkan. Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaan diantara keduanya Dibawah ini.
Pada dasarnya Paket RDP dan VPS sama-sama memiliki Akses Remote Desktop Connection yang dapat digunakan untuk beberapa aktifitas, hanya saja yang membedakan keduanya adalah sistem hak akses yang berbeda, Jika pada RDP kita tidak bisa menggunakan beberapa software sembarangan, lain halnya dengan menggunakan VPS yang bisa bebas mengakses apapun layaknya sebuah komputer pribadi.

Sebelum lanjut ke perbedaan diantara kedua Virtual Desktop ini, bagi kamu yang belum paham apa itu RDP maupun VPS mari kita simak dahulu satu-satu beberapa penjelasan & kelebihannya ini.

Apa Itu Remote Desktop RDP?

Remote Desktop Protocol atau disingkat menjadi RDP adalah sebuah protocol yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya secara Remote, Protocol ini memungkinkan seseorang untuk memakai komputer lain secara Virtual dan bertransfer data antara komputer satu dengan komputer yang lain dari jarak jauh.
Perbedaan RDP Dan VPS
Namun kegunaan RDP tidak terbatas ke komputer pribadi saja, Protokol ini juga mampu mengkoneksikan Suatu PC ke Desktop Virtual dan server RDP itu sendiri.

Contoh : Saat ini kamu berlokasi di Jakarta dan komputer online (24 Jam) mu ada di luar negeri sebagai contoh ada di US, kamu bisa menggunakan program atau software pada komputer online mu yang terdapat di US tersebut dengan menggunakan Protocol RDP.

Keunggulan Memakai RDP

Perbedaan RDP Dan VPS
RDP Biasanya digunakan untuk menghandle program atau software berat tanpa harus mengorbankan komputer pribadi selama 24 Jam penuh, Berikut ini beberapa kelebihan dari RDP seperti:
  1. Online 24 Jam Non Stop
  2. Bisa diakses dimana saja, kapan saja, dan melalui perangkat apa saja (PC/Laptop/SmartPhone/DLL)
  3. Mempermudah menjalankan program Real-Time 24 Jam (Seperti Mining)
  4. Saat komputer/PC dimatikan maka RDP tidak ikut mati, RDP akan tetap Online 24 Jam sesuai dengan jadwal sewa servernya
  5. Internet UP To 1Gbps, Sangat cocok untuk kamu yang mempunyai blog download, digunakan untuk urusan download & upload file
  6. Unlimited Traffic & Kuota (Saat menggunakan RDP maka Kuota, Penyimpanan, & Traffic lanngsung menggunakan server dari RDP)
  7. Mampu untuk menjalankan program-program yang membutuhkan resources tinggi (Tergantung dari spesifikasi RDP)
Nahh kalau kamu sudah mengerti apa itu RDP beserta beberapa keunggulannya mari kita lanjut untuk membahas apa itu VPS Windows beserta fungsi/keunggulannya.

Apa Itu VPS Windows?

VPS (Virtual Private Network) adalah sebuah server yang dibagi-bagi menjadi VM (Virtual Machine), pada VM ini kamu bisa sesuka hati menginstall OS sesuai kebutuhan (Tergantung jenis dari VPS tersebut), dibawah ini ada beberapa jenis Sistem Operasi Virtualisasi VPS yang dapat kamu gunakan:
  1. OpenVZ = Hanya Menyediakan OS Linux
  2. XEN = Linux Dan Windows
  3. KVM = Linux Dan Windows


Beberapa Fungsi Dan Kelebihan Menggunakan VPS

Perbedaan RDP Dan VPS
Banyak sekali fungsi VPS secara umum seperti:
  1. Keperluan Website (Web Hosting)
  2. Dapat menyimpan data BackUP
  3. Dapat membuat VPN (OpenVPN/PPTP/Dll)
  4. Dapat menjadi torrent Leech maupun RapidLeech
  5. Sebagai Proxy Private/Tunneling
  6. Untuk keperluan encoding video/audio/dll
Kelebihan VPS secara umum:
  1. 1 VPS 1 Akun (Private)
  2. Dedicated IPv4/IPv6 (Publik)
  3. Full Sources (HDD/CPU/RAM)
  4. Bebas install OS apapun melalui Panel VPS

Perbedaan RDP Dan VPS Windows

Perbedaan RDP Dan VPS

1. Hak Akses

Tidak semua paket RDP dapat digunakan untuk mengakses program secara sembarangan karena kita hanyalah sebagai user di servernya, sedangkan pada VPS kita dapat memegang full akses administrator server secara penuh, jadi kamu bisa bebas untuk menjalankan program apa saja yang disuka termasuk menginstall sistem operasinya.

2. Sources Hardware

Pada RDP, Suatu akun dibatasi untuk menggunakan Sources Hardwarenya (CPU/RAM/HDD), Jika user melakukan pelanggaran/Abuse maka akun RDP user tersebut bisa di SUSPEND untuk sementara waktu maupun permanen (Sesuai dengan TOS Pihak Penyedia RDP). Sedangkan pada VPS Sources Hardwarenya bisa digunakan secara penuh 100% tanpa takut akun bakal disuspend (Sesuai dengan TOS Pihak Penyedia VPS).

3. Variasi OS (Sistem Operasi)

Pengguna RDP mendapatkan akses dengan Sistem Operasi Windows bawaan yang sudah ter-install, kamu tidak dapat mengganti Sistem Operasi pada akun RDP kamu, Tetapi jika kamu memakai VPS kamu bisa bebas menginstall Sistem Operasi sesuka hati, Mulai dari mengganti Sistem Operasi Linux Ke windows atau sebaliknya dari Sistem Operasi Windows ke Linux, Bisa menggunakan template maupun ISO.

4. Keamanan

Sesama pengguna RDP bisa saling melihat file pengguna lain bahkan di beberapa paket seorang user dapat menghapus file user lainnya, Tetapi jika memakai VPS, dalam satu server penyimpanan hanya dapat digunakan oleh kamu sendiri tanpa khawatir privacy akan kebongkar sehingga lebih aman.

5. Kelebihan VPS Windows dibandingkan RDP

Perbedaan RDP Dan VPS
Berikut ini ada beberapa kelebihan dalam memakai VPS ketimbang RDP
  • Full Administrator (bisa bebas menjalankan program apa saja)
  • VPS bisa di-install Sistem Operasi Windows dan secara otomatis VPS akan berubah menjadi RDP (Remote Desktop Protocol) atau bisa juga menggantinya dengan Sistem Operasi Linux dan VPS akan menjadi Web Hosting untuk kebutuhan Resources Website
  • Mendapatkan Panel Kontrol VPS (Panel yang mengatur segala aktivitas VPS seperti Re-install, Reboot, Shutdown, Dll layaknya komputer pribadi)
  • Menentukan pilihan apakah VPS Windows atau Remote Desktop RDP yang akan kamu gunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan Budget biaya sewa yang akan dikeluarkan.
    Sekian dari saya, semoga artikel yang bertema Perbedaan RDP Dan VPS Windows ini bermanfaat dan kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa di share supaya saya lebih rajin update lagi hehe.
    oke itu saja dari saya, terima kasih karena sudah berkunjung.

Berlangganan via Email