Sudah Paham? Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware (Wajib Diketahui) ~ Eksploitech
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Paham? Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware (Wajib Diketahui)

Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware

Eksploitech ~ Sudah Paham? - Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware (Wajib Diketahui) - Kehadiran Komputer ataupun laptop memanglah banyak berperan dalam kehidupan kita, terlebih buat aktivitas-aktivitas yang bersangkutan dengan dunia pekerjaan (Termasuk saya selaku admin dari blog ini hehe).

Komputer pula dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, pemakaian dalam bidang medis, bisnis, ataupun dalam bidang sains. Intinya Komputer memiliki manfaat yang lumayan besar untuk kelangsungan hidup manusia.

Banyak yang mengatakan kalau Komputer hanya bisa bekerja jikalau sudah dilengkapi dengan komponen berupa Hardware dan Software, Padahal nyatanya tidaklah demikian, karena Komputer tidak bisa beroperasi apabila tidak terdapat Brainware yang turut memainkan perannya.

Sebutan “Brainware” sendiri rasanya masih terdengar asing di telinga kita, apalagi jika dibandingkan dengan sebutan Hardware dan Software. Karena memang selagi duduk di bangku sekolah, komponen ketiga yakni Brainware dapat dibilang jarang sekali atau bahkan hampir tidak pernah diajarkan sama sekali.

Sebenarnya terdapat 3 komponen penting supaya Komputer bisa tetap produktif, Komponen itu yakni Hardware, Software, Dan Brainware. Ketiga komponen tersebut memiliki pengertian dan contohnya masih-masing. Berikut penjelasannya dibawah ini.


Perbandingan Hardware, Software Dan Brainware

Pengertian Hardware – Apa itu Hardware?

Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware

Singkatnya, Hardware ataupun Perangkat keras merupakan seluruh bagian fisik yang terdapat pada Komputer, Hardware dapat dilihat secara kasat mata serta sanggup dijamah secara fisik. Hardware sendiri umumnya digunakan untuk menunjang kinerja Komputer. Berikut dibawah ini terdapat 3 fungsi hardware yang wajib dikenal, antara lain:

  1. Sebagai media pemberi masukan data
  2. Berperan Sebagai pengolah data
  3. Hardware pula memiliki fungsi sebagai penampil inputan dari suatu proses

Contoh- Contoh Perangkat Keras (Hardware)

Terdapat banyak sekali Perangkat keras ataupun Hardware yang terdapat pada Komputer, baik itu bertabiat internal ataupun eksternal. Berikut dibawah ini terdapat beberapa contoh perangkat keras yang umumnya selalu "ada" di setiap perangkat Komputer.

  • CPU: Perangkat unit yang bertugas sebagai pengolah informasi.
  • RAM: Tempat penyimpanan segala data informasi.
  • Hardisk: Tempat penyimpanan data informasi semi permanen
  • Mouse & Keyboard: Perangkat masukan, Artinya media yang biasa digunakan untuk memasukkan informasi yang akan diproses oleh CPU.
  • Monitor: Sebagai alat penampil output yang dihasilkan CPU, Biasanya akan tampil dalam wujud visual.
  • Speaker: Perangkat keras berjenis output untuk mengeluarkan suara yang diproses CPU.


Pengertian Software – Apa itu Software?

Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware

Software ataupun biasa disebut perangkat lunak ialah suatu program aplikasi yang dibuat oleh pengembang/developer, fungsinya ialah untuk mengoperasikan ataupun melaksanakan sesuatu perintah. Secara tidak langsung Software ini juga dapat dibilang seperti fitur yang dapat menggerakan Hardware supaya dapat bekerja dengan semestinya.

Kemungkinan besar Perangkat keras (Hardware) pula tidak dapat beroperasi secara optimal tanpa adanya dorongan dari Sofware, Maka dari itu Software sangatlah berarti untuk Perangkat Komputer. Dibawah ini terdapat beberapa fungsi utama dari Software, seperti berikut:

  1. Software bisa dijadikan sebagai OS/Sistem Operasi ataupun sebagai sistem pendukung
  2. Software berperan untuk mengoperasikan Hardware
  3. Software memiliki fungsi sebagai penerjemah tiap perintah ataupun instruksi ke dalam bahasa pemrogram sehingga perintah dapat diterima langsung oleh hardware dengan baik


Contoh Dari Software (Perangkat Lunak)

  • Software: Mungkin istilah yang ini sudah kamu kenal dan kerap kamu gunakan untuk membantu segala pekerjaan kamu semacam Word, Excel, Photoshop, antivirus, dan lain sebagainya.
  • Sistem Operasi: Sistem Operasi masih tercantum sebagai salah satu keluarga dari Software, Contohnya Windows, Linux, iOS, dan masih banyak lagi.
  • Alat Pengembang Aplikasi: Software ini biasa digunakan para pengembang untuk mengembangkan berbagai Aplikasi, Contoh dari alat pengembang ini ialah Pascal dan Java.
  • Driver Software: Fungsinya untuk menghubungkan antara perangkat keras pembantu dengan Komputer. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk scan harga di swalayan.
  • Firmware: Walaupun sudah terdapat pada Komputer, Namun Software ini lebih banyak digunakan dalam pembuatan jam tangan digital.
  • Open Source Aplikasi: Perangkat lunak dengan sumber terbuka, Artinya dapat diunduh serta dimodifikasi tanpa melanggar hak cipta.
  • Freeware: Software yang dapat diunduh secara free.
  • Trialware: Software yang dibuat hanya untuk keperluan uji coba, Tetapi jika kamu mau memakainya secara utuh. Kamu wajib membayar.
  • Malware: Merupakan salah satu tipe Software perusak, malware pula digolongkan sebagai suatu virus.


Pengertian Brainware – Apa itu Brainware?

Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware

Bila Hardware serta Software merupakan komponen yang terdapat pada Komputer, Maka brainwarelah yang bertugas untuk mengatur komponen yang terdapat pada Komputer. Singkatnya, brainware merupakan manusia yang mengatur segala kinerja Komputer.

Komputer tidak akan mungkin beroperasi tanpa adanya campur tangan dari brainware meskipun sudah dilengkapi dengan Hardware dan Software canggih sekalipun, Intinya seorang yang mengoperasikan ataupun mengendalikan sistem di dalam Komputer disebut dengan brainware.


Contoh- Contoh Brainware

  • User/Operator: Sebutan untuk orang yang bertugas mengoperasikan Komputer.
  • Administrator: Merupakan salah satu contoh dari brainware, sebab umumnya seorang Administrator mampu untuk mengendalikan sistem kerja, urutan, serta pengelolaan informasi sampai dengan output.
  • Programmer: Seorang yang membuat suatu program semacam Software (Ahli Coding).
  • Sistem Analis: Orang yang biasa membuat cetak biru (blueprint) skema global sistem program untuk dikerjakan programmer.
  • Teknisi: Orang yang bekerja untuk melaksanakan perawatan serta revisi terhadap sistem Komputer.
Itulah tadi Perbedaan Hardware, Software, Dan Brainware yang wajib kamu ketahui sebagai informasi dasar untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia internet, Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini and see you next time di artikel selanjutnya.

Berlangganan via Email