Ingin Menambah Profit Mining? Inilah Deretan Hardware Mining Bitcoin Yang Dapat Kamu Gunakan !!

Bingung Pilih Hardware Mining Bitcoin? Artikel Ini Akan Menjelaskan Hardware Dengan Daya Komputasi Terbaik Untuk Keperluan Mining Bitcoin kamu
Hardware Mining Bitcoin
Eksploitech ~ Ingin Menambah Profit Mining? Inilah Deretan Hardware Mining Bitcoin Yang Dapat Kamu Gunakan !! - Setelah sekian lama saya tidak menulis akhirnya saya kembali menulis lagi di blog kesayangan dengan membawa artikel berjudul 3+ Hardware Top Untuk Mining Bitcoin (Daya Komputasi Terbaik) yang menarik dan masih berhubungan dengan cyber crime & Teknologi yang mungkin akan bermanfaat untuk menambah penghasilan passive income kamu atau hanya sekedar untuk menambah wawasan semata agar tidak kudet di industri 4.0 ini, Ya! apalagi kalau bukan tentang uang kripto (cryptocurrency).

Di zaman yang serba modern ini banyak orang yang mencari uang dengan memanfaatkan media digital dan biasanya uang yang diperoleh akan terus menerus mengalir ke rekening walaupun ditinggal tidur pemiliknya sekalipun dengan catatan program yang dijalankannya dalam keadaan aktif, hal ini biasa disebut dengan Pendapatan yang bersifat pasif (passive income).

Sebelum lanjut bagi kamu yang belum paham apa itu bitcoin sebaiknya kamu baca dulu artikel disini, supaya nantinya kamu tidak kebingungan dengan penjelasan yang ada pada artikel ini. Baca : Mengenal Bitcoin sebagai Aset Digital

Menjadi Bitcoin Miner adalah salah satu usaha untuk mendapatkan uang secara passive income selain menjadi Youtuber & Blogger, Kegiatan yang mereka lakukan hanyalah Mining Bitcoin (Menambang Bitcoin) Yakni dengan cara memecahkan algorithma kode hash atau dikenal dengan istilah Block Chain dengan menggunakan daya komputasi tertentu dan jika Miner tersebut berhasil memecahkannya maka ia akan mendapatkan imbalan berupa uang kripto, semakin besar daya komputasi maka semakin besar juga peluang untuk memecahkan block chainnya.
Hardware Mining Bitcoin
Kegiatan mining memanglah seru apalagi kegiatan ini dijalankan secara otomatis dan akan tetap bekerja walaupun ditinggal penggunanya sekalipun, program akan bekerja secara otomatis dan kita tinggal menikmati hasilnya saja, tetapi dalam melakukan mining kita setidaknya harus tau terlebih dahulu hardware yang dapat memaksimalkan kinerja mining kamu terutama bagi kamu yang tertarik untuk melakukan solo mining (hardware tidak akan bekerja jika kamu melakukan pool mining karena pool mining bersifat cloud sistem).

Haruskah Mining Memerlukan Hardware?

Jawabannya tidak harus, bahkan tanpa hardware tambahan saja kamu sudah bisa untuk menambang beberapa koin crypto dengan modal web browser (pool mining), akan tetapi jika kamu tertarik untuk melakukan solo mining ada baiknya kamu memerlukan biaya tambahan berupa hardware yang memiliki daya komputasi tinggi, atau kamu bisa juga menyewa RDP yang speknya dewa untuk mempermudah kegiatan solo mining kamu.
Jadi mining memerlukan daya komputasi untuk mendapatkan profitnya, semakin tinggi daya komputasi suatu perangkat maka akan semakin besar pula rata-rata profit/keuntungan yang di dapatkan meskipun ada beberapa kasus orang-orang yang lucky mendapatkan sekali penghasilan yang tinggi hanya modal komputer hal ini dikarenakan kegiatan mining sangat bergantung dari keberuntungan (nilai profit mining tidak bisa tetap/berubah-ubah setiap waktu).

Hardware Dukungan Untuk Mining Bitcoin

Di bawah ini ada beberapa Hardware dukungan untuk mining yang bisa kamu coba untuk keperluan mining kamu. jadi tunggu apalagi? mari kita simak ulasannya dibawah ini.

1. GPU (Kartu Grafis)

Hardware Mining Bitcoin
Secara garis besar, Komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah alat penambangan (Mining RIG) sama halnya ketika kamu hendak membangun sebuah CPU Komputer. Terdapat sebuah MotherBoard (Papan utama) yang dilengkapi dengan prosesor, Harddisk, Ram, dan juga Power Supply. hanya saja yang membedakan antara Mining RIG dengan CPU biasa adalah kartu grafis (Graphics Processing Unit atau GPU) yang digunakan pada Mining RIG biasanya merupakan kartu grafis yang berteknologi terbaru dan jumlahnya pun lebih dari 1 (antara 2 hingga 6 kartu grafis untuk setiap perangkat).
Ada 2 vendor kartu grafis yang umum digunakan, yaitu AMD dan NVIDIA. untuk memilih mana dari kedua vendor itu yang terbaik silahkan kamu riset sendiri karena masing-masing vendor memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

2. MotherBoard

Hardware Mining Bitcoin
Dalam memilih MotherBoard yang tepat bagi keperluan mining kamu maka pilihlah MotherBoard yang bisa mendukung banyak GPU dalam satu MotherBoard. Beberapa diantara vendor ada yang merilis perangkat MotherBoard mereka dengan slot GPU yang tidak sedikit dengan tujuan men-support kegiatan para miner diantara produknya adalah ASRock yang mampu mendukung hingga 6 GPU Sekaligus, contoh serinya adalah H81 Pro BTC untuk prosesor Intel Socket 1150 yang memiliki 1 Socket PCIe 2.0 x16 dan Socket PCIe 2.0 x1.

3. PCI Express extender (Riser)

Hardware Mining Bitcoin
Sedangkan untuk menghubungkan beberapa kartu grafis dengan MotherBoard (Papan utama) Diperlukan perangkat penyambung yang bernama PCI Express atau Riser. Salah satu komponen yang dapat digunakan untuk keperluan ini adalah PCI Express x1-x16 USB 3.0 Extender.

Hardware Tambahan Untuk Mining Bitcoin

Ada beberapa merk Hardware Mining Bitcoin tambahan yang tersedia di pasaran, diantara merk-merk tersebut adalah AntMiner, Avalon, WhatsMiner, Halong, KnCMiner, dan lain-lain.

AntMiner

AntMiner merupakan Hardware yang dibuat oleh perusahaan Bitmain asal china selain memproduksi Hardware AntMiner, Perusahaan Bitmain juga mengoperasikan Mining Pool AntMiner dan memiliki fasilitas penambangan sendiri. Perangkat AntMiner termasuk salah satu dari semua perangkat penambangan yang paling disukai karena memiliki performa yang tertinggi diantara perangkat penambangan lainnya.
Hardware Mining Bitcoin
Salah satu produknya yang mampu memberikan kekuatan komputasi sebesar 13,5 TH/s adalah AntMiner S9 dan dengan tingkat efisiensi penggunaan energi listrik pada level 0,0098 W/GH yang berkisar Rp 70-100 Juta.

Avalon

Avalon dibuat dan diproduksi oleh perusahaan bernama canaan yang berasal dari negeri tirai bambu, china. Produk terbaru yang baru mereka luncurkan adalah perangkat penambangan yang diberi nama Avalon 821 yang menggantikan Produk mereka sebelumnya, Avalon 741 dan Avalon 761 yang akan berhenti diproduksi. Avalon 821 mampu memberikan kekuatan komputasi sebesar 11 TH/s dengan tingkat efisiensi 0,109 W/GH.
Hardware Mining Bitcoin
Tingkatan lain dari Avalon 821 yakni Avalon 841 menawarkan Performa sebesar 13 TH/s dengan efisiensi 0,92 W/GH. namun kedua produk ini masih belum ada di pasaran juga kisaran harga dari pabrik produksinya.

Avalon Controller

Fungsi dari hardware ini sendiri adalah untuk mengelola banyak perangkat Avalon, ini adalah perangkat tambahan yang berbasis Raspberry Pi dibekali dengan 4 Port USB. sebuah Port dapat terhubung dengan sebuah Avalon USB Converter 3 (AUC3) yang mampu terhubung dengan 5 mesin Avalon sekalipun.

Jadi, sebuah Avalon Controller dapat mengelola hingga 20 mesin Avalon. Jika di kalkulasi dengan 20 mesin Avalon 821, maka total daya komputasi yang dapat dikelola sebesar 220 TH/s.

WhatsMiner


WhatsMiner merupakan perangkat penambangan bitcoin (Hardware Mining Bitcoin) yang dibuat oleh perusahaan pangolinminer asal Shenzen, China. Perangkat yang baru mereka luncurkan bernama WhatsMiner M3 dengan daya komputasi sebesar 11,5 - 12 TH/s dan konsumsi daya sebesar 2.000 Watt. Perangkat ini dijual melalui situs pembuatnya, pangolinminer.com dengan harga yang berkisar US$ 1.500 - 2.000.
Hardware Mining Bitcoin
Itulah tadi beberapa perangkat keras yang bisa kamu pilih untuk melakukan penambangan bitcoin, kamu bisa memilih Hardware Mining Bitcoin tadi sesuai dengan kebutuhan dan modal awal kamu untuk mendapatkan profit yang melimpah dari usaha penambangan kamu. kalau artikel ini kamu rasa bermanfaat jangan lupa untuk di share ya!, Salam Happy Mining.