Bisa Menjadi Aset Jangka Panjang? Mari Mengenal Bitcoin Sebagai Aset Digital

Membahas Lengkap Tentang Bitcoin Sebagai Aset Digital, Ulasan Paling Komplit!!
Bitcoin Sebagai Aset Digital
Eksploitech ~ Bisa Menjadi Aset Jangka Panjang? Mari Mengenal Bitcoin Sebagai Aset Digital - Bitcoin adalah salah satu dari sekian banyaknya mata uang kripto yang tersebar di internet, dari sekian banyaknya mata uang kripto tersebut bitcoin merupakan satu-satunya mata uang kripto yang terkenal, bahkan orang awam yang tidak mengerti kripto sekalipun pasti pernah mendengar kata-kata bitcoin, penasaran dengan apa itu bitcoin? untuk itu pada artikel ini kita akan membahas tuntas mengenai apa itu bitcoin sebagai uang virtual yang terkenal.

Sejarah bitcoin

sejarah bitcoin tidak dapat dilepaskan dari sang pencipta yang menyebut dirinya sebagai satoshi nakamoto. meskipun hingga saat ini belum ada orang yang dapat memastikan identitas asli di balik nama satoshi nakamoto ini, tetapi karyanya yang mengawali bentuk mata uang kripto baru berupa bitcoin patut diancungi jempol. pada tahun 2008 satoshi menerbitkan sebuah whitepaper yang berjudul "Bitcoin: A Peer-To-Peer Electronic Cash System".

pada tanggal 3 January 2009, system baru dari bitcoin tersebut dijalankan, awal dimulainya sistem yang belum pernah dikenal sebelumnya ini disebut dengan genesis block (Blok penciptaan), yakni blok bernomor urut 0 yang menjadi awal dari semua blok yang pernah dan akan dibuat dalam sistem Bitcoin.

Bitcoin

Bitcoin Sebagai Aset Digital
bitcoin merupakan mata uang kripto pertama dan paling terkenal di dunia. tidak hanya itu, harganya yang mencapai lebih dari Rp.200 juta per keping menjadikannya sensasi baru di dunia investasi. selain melakukan aktivitas jual beli bitcoin (trading), kamu juga bisa ikut berpatisipasi dalam penambangan bitcoin. bitcoin tidak hanya memiliki fitur transfer nilai, bitcoin berharga karena memiliki fitur pemrograman yang mirip Forth, meskipun amat terbatas jika dibandingkan dengan platform smart contract yang lebih kaya opsi.

untuk mendapatkan Bitcoin kamu bisa melakukan kegiatan trading (jual beli koin kripto) dan bisa juga dengan kegiatan mining (memecah kode hash block chain), tetapi disini kita akan fokus untuk melakukan kegiatan mining.

Mining bitcoin

secara umum ada 2 pilihan yang bisa dipilih oleh penambang yakni pool mining dan solo mining, keduanya akan kita bahas pada sub judul dibawah berikut ini.

Pool mining

Pool mining bisa didefinisikan sebagai cara menambang yang dilakukan secara bersama-sama (keroyokan), pool mining dilakukan di perusahaan penambangan di dalam pool mining ada yang namanya pool manager yang akan memberikan arahan dan pekerjaan kepada worker yang bekerja (miner), semakin banyak pekerjaan yang sudah terselesaikan maka semakin banyak pula seorang miner mendapatkan imbalan (Bitcoin).

Solo mining

Sesuai dengan istilahnya (solo = tunggal), solo mining adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang menambang secara sendirian dengan memakai akun miliknya dan dengan adanya hardware komputasi yang cukup cara kerjan dari solo mining ini sendiri adalah memecahkan block chain yang terhash apabila block chain itu sudah dimenangkan imbalan berupa Bitcoin akan diberikann kepada miner tersebut. kekurangan dari solo mining ini adalah banyaknya sumber daya berupa hardware dan modal yang harus didapatkan.

hardware yang sering digunakan untuk solo miner diantaranya adalah :
  • RIG (kumpulan VGA yang dirakit)
  • Antminer
  • Avalon
  • Whatsminer
sedangkan untuk software yang sering digunakan bahkan dianjurkan untuk miner bitcoin pemula diantaranya adalah :
  • Hash Miner
  • Easy Miner
  • BFGMiner
  • CGMiner
Sekian dari saya semoga artikel diatas bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana ini.