Apa Itu Teknik Peretasan Jaringan SS7? Serta Cara Mengatasinya

Apa Itu Teknik Peretasan Jaringan SS7? Serta Cara Mengatasinya

Peretasan SS7
Eksploitech - Signalling System no 7 atau disingkat menjadi SS7 adalah sebuah protokol signalling out-of-band yang menyediakan pembangunan hubungan bagi telekomunikasi yang advanced. out-of-band sendiri merupakan kanal/channel signalling dengan kanal/channel komunikasi yang terpisah antara satu dengan yang lainnya, feature-feature yang didukung oleh SS7 termasuk incoming caller identification (Caller ID), Roaming, WINS (wireless intelligent Network) service seperti layanan pra-bayar/pre-paid dan pasca-bayar/post-paid. sedangkan DTMF merupakan contoh In-Band Signalling. Terminologi sederhana dari signalling adalah proses pengiriman controll information antar network elements.

secara singkat, SS7 memiliki fungsi yang masih berhubungan dengan panggilan telepon, Roaming, SMS serta menyediakan konvergensi layanan suara dan data yang umum dilakukan saat pengguna memakai ponsel atau telepon kabel. Teknik SS7 memungkinkan suatu pengguna jaringan untuk saling bertukar informasi, sebagai contoh pengguna layanan provider telekomunikasi indonesia sebut saja "A" sedang berlibur ke New York, pengguna itu ingin memakai provider layanan lokal sebut saja "B" untuk keperluan komunikasi selama di amerika serikat.

Disinilah Fungsi dari SS7 ia bisa menentukan siapa yang menyediakan layanan provider untuk si pengguna, apakah dari pihak provider A atau provider B yang ada di amerika serikat. bisa dibilang kalau SS7 ini merupakan bagian terpenting dari konsep saling berbagi antar infastruktur jaringan dunia antara perusahaan-perusahaan layanan telekomunikasi. walaupun memiliki segudang manfaat SS7 juga memiliki celah keamanan internal. dengan mengandalkan celah keamanan tersebut sang peretas dapat mencegat suatu komunikasi yang terjadi, sang peretas tersebut dapat mengirim serta menerima SMS maupun telepon hanya dengan mengetahui no telepon si korban yang ingin dijadikan target.

salah seorang peretas profesional Karsten Nohl mengungkapkan "SS7 bisa dibilang sebagai alat pengintaian terkuat yang ada sekarang, kemampuannya pun dapat mengambil alih akun whatsapp seseorang". yups selain teknik SS7 adapula teknik Metasploit & QRLjacking yang mampu untuk meretas whatsapp ets tapi jangan digunakan untuk sadap whatsapp mantan lohh haha.

Bagaimana caranya?

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan instant yang sudah populer di dunia, whatsapp menerapkan fitur end-to-end-encryption namun whatsapp memiliki celah pada proses registrasinya. whatsapp dalam proses registrasi atau pendaftarannya, mewajibkan penggunanya untuk mengisi "username" akun whatsapp, dalam proses pendaftaran akun whatsapp pihak whatsapp akan mengirim kode verifikasi pada no ponsel yang hendak didaftarkan dapat dikirim melalui SMS atau panggilan suara oleh pihak whatsapp.

dengan memanfaatkan celah SS7, sang peretas dapat mencegat kode verifikasi dari pihak whatsapp tersebut, alih-alih diterima oleh pemilik no sebenarnya, sang peretas juga bisa memperoleh kode verifikasi dari whatsapp, hanya dengan mengetahui nomor korban yang dijadikan target dan menggunakan celah di SS7 untuk mencegat kode verifikasi yang dikirim dari pihak whatsapp tersebut. apabila kode verifikasi telah berhasil dicuri, maka ponsel sang peretas akan menjadi ponsel duplikasi dari ponsel sih korban tersebut.

Lalu bagaimana menghindari diri dari serangan SS7?

Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan SS7 ini, mengingat kelemahan dan kerentanan ini di luar kendali si pengguna sangat sedikit yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi serangan ini, namun ada beberapa cara dibawah ini untuk meminimalisir resiko yang diterima dari serangan SS7.

1. pilih penyedia jaringan yang aman.
2. jika diserang, segera matikan ponsel dan keluarkan kartu SIM.
3. cari software yang mampu mencegah terjadinya serangan SS7.
4. gunakan layanan pesan yang terenkripsi.
5. selalu menggunakan koneksi wifi yang aman.
6. jangan menggunakan wifi publik yang rentan.

Serangan SS7 jika digunakan untuk hal negatif sangatlah berbahaya dan tentunya akan mengganggu keamanan privasi kita, namun jika digunakan untuk hal penyelidikan ini adalah suatu hal yang baik.

Anda mungkin menyukai postingan ini