Yakin Masih Ingin Meeting Pakai Zoom? Ketauhilah Kelemahan Serta Kerentanan Pada Aplikasi Zoom !!

Yakin Masih Ingin Meeting Pakai Zoom? Ketauhilah Kelemahan Serta Kerentanan Pada Aplikasi Zoom !!

Kelemahan Zoom
Eksploitech - Di tengah pandemi global saat ini, kita tidak bisa beraktifitas seperti kehidupan manusia pada normalnya, demi memutus rantai penyebaran virus covid-19 pemerintah bahkan WHO menghimbau seluruh rakyat untuk tidak berkumpul di suatu tempat serta memakai masker saat keluar dari rumah, dari himbauan tersebut banyak toko-toko bahkan gedung perusahaan ditutup, orang-orang yang berkumpul pun akan segera dibubarkan oleh satpol pp setempat guna mencegah hal yang tidak diinginkan dari virus covid-19 yang sangat berbahaya ini.

nahh pertanyaannya bagaimana melakukan meeting karyawan suatu perusahaan jika tidak bisa berkumpul? zaman sekarang memang tak luput dari hal teknologi, anda bisa meeting perusahaan dengan rekan kerja menggunakan aplikasi atau bahkan software yang disediakan di internet, salah satu aplikasi terkenal yang banyak digunakan untuk kepentingan meeting diantaranya adalah google meeting serta zoom.

Apa itu zoom?

aplikasi zoom meeting merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk media rapat online atau meeting, aplikasi zoom sendiri memiliki banyak fitur unik untuk memudahkan mu melakukan rapat online, karyawan-karyawan perusahaan pun banyak yang merekomendasi kan ke rekan kerjanya untuk menggunakan aplikasi zoom ini untuk melakukan rapat online.

namun akhir-akhir ini banyak berita heboh yang menyebutkan aplikasi meeting zoom tidaklah aman data-data karyawan pada saat meeting mampu diretas serta diperjual belikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, namun apa benar aplikasi zoom seberbahaya itu? mari kita simak kerentanannya so let's check it out.

Kerentanan aplikasi meeting zoom

berbasis enkripsi AES-128 Key yang digunakan ECB mode oleh semua partisipan untuk encrypt dan decrypt audio dan video, menurut para pakar ahli IT penggunaan ECB mode ini sangat tidak disarankan. tidak hanya itu aplikasi zoom ini merupakan aplikasi yang berasal dari perusahaan amerika dan tim ahli IT yang berasal dari china, lantas apa permasalahannya sehingga china turut disalahkan? jawabannya terletak di Privasinya, yah Privasi!!, mungkin hal ini sering dianggap sepele oleh beberapa orang.

namun bagi beberapa orang Privasi sangatlah penting guna melindungi informasi yang berharga seperti informasi rahasia militer, negara, maupun suatu individu tertentu. masalahnya aplikasi zoom ini memiliki server yang terletak di beijing china sedangkan citizenlab melakukan testing pada north amerika bukankah itu sangat aneh?. salah satu investigasi yang dilakukan citizenlab mengungkapkan bahwa ada beberapa celah pada aplikasi zoom namun tidak disebutkan secara detail dikarenakan takut disalah gunakan.

namun belakangan ini zoom baru saja memperbaiki celah yang terdapat di MacOS karena malware serta menambal celah pada OS Windows. dan yang paling terbaru akhir-akhir ini adalah bocornya data-data zoom yang diunggah di server AWS, zoom menyimpan setiap rekaman pengguna dengan nama yang identik serta disimpan tanpa memakai password di sistem Amazon Web Service (AWS) hal itulah yang mengakibatkan rekaman pengguna dapat terindex pada search engine.

citizenlab pun menyimpulkan bahwa aplikasi zoom tidak aman untuk sesuatu yang sangat "secret" seperti rapat militer dan rapat negara, namun jika digunakan untuk berghibah dan ngobrol biasa bareng teman maka hal itu tidak apa-apa. dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam pemakaian Apps.

Kesimpulan

ibarat suatu produk, zoom adalah produk yang berpikir untuk berjalan dahulu yang penting banyak yang menggunakannya, baru selanjutnya ketika ada yang mengoreksinya dia menjadi lebih "dewasa". terbukti dengan banyaknya kritikan dan masukan, zoom meningkatkan keamanannya dan menutup celah-celah pada aplikasi zoom, bahkan zoom sendiri berkomitmen selama 90 hari (1 april 2020) untuk bekerja secara penuh guna menanggulangi semua masalah privacy, keamanan dan lain sebagainya.

Anda mungkin menyukai postingan ini