Kombinasi SSD dan HDD, Apa Yang Dimaksud Dengan SSHD?

Kombinasi SSD dan HDD, Apa Yang Dimaksud Dengan SSHD?

SSHD
Eksploitech - ketika kita merakit atau meng-upgrade PC dan kepikiran untuk mengganti media penyimpanan ke SSHD tetapi kita belum tau apa itu SSHD?, seringkali muncul pertanyaan di benak kita apakah SSHD ini lebih kebut ketimbang SSD? atau malah sebaliknya? untuk itu mari kita kupas tuntas mengenai media penyimpanan SSHD yang satu ini so let's check it out.

SSHD sendiri adalah singkatan dari Solid-State hybrid drive, yang dibekali penyimpanan yang lebih mumpuni ketimbang SSD serta lebih kebut daripada HDD, sesuai dengan namanya Hybrid, untuk bentuk fisik nya SSHD ini masih menggunakan bentuk fisik berupa piringan yang berputar layaknya bentuk fisik HDD.

Perbandingan SSHD dan SSD

Jadi lebih cepat SSHD atau SSD? tipe SSD yang akan kita bandingkan dengan SSHD adalah SSD tipe SATA yang sering digunakan untuk migrasi media penyimpanan komputer maupun laptop.

SSD memiliki kecepatan yang super wuss namun untuk kapasitas SSD kalah telak dengan HDD walaupun memang ada SSD yang berukuran 4TB, untuk urusan harga SSD sangatlah mahal dan tidak friendly budget hal ini berlainan dengan HDD yang bisa menampung banyak data dengan harga yang sangat terjangkau namun kalau ngomongi soal kecepatan HDD jauh lebih lambat dari SSD, tak jarang banyak orang yang menggunakan SSD ini untuk sistem operasi dan HDD untuk media penyimpanannya.

SSHD adalah media penggabungan diantara keduanya tetapi dalam ukuran speed SSHD lebih lamban daripada SSD jenis SATA, sesuai dengan namanya hybrid, jadi:
  • Gunakan SSD jika anda prioritas utama dalam hal kecepatan
  • Gunakan SSHD jika anda ingin memiliki kapasitas yang banyak dengan kecepatan yang tidak lelet serta dengan harga yang terjangkau
namun itu tergantung pada perangkat anda, apakah menggunakan laptop atau PC?
Jika menggunakan laptop maka disarankan untuk memakai SSD kecuali memang anda seorang teknisi laptop yang mampu bongkar pasang laptop layaknya mainan, beberapa laptop juga bisa di cabut CD nya untuk pemasangan SSD jadi tidak perlu mengganti HDD lagi jika anda ingin bermigrasi.

jika anda menggunakan komputer, SSHD sangatlah cocok bagi anda yang ingin memiliki media penyimpanan yang cukup besar serta kecepatan yang tidak terlalu lamban dengan harga yang terjangkau untuk anda yang low budget.

Kesimpulan

media penyimpanan SSHD ini bisa diibaratkan sebagai mobil off road yang tidak terlalu kencang dan bisa menampung beberapa data besar, SSD yang layaknya mobil sport yang mahal, kencang, namun memiliki kapasitas yang kurang, serta HDD yang layaknya Truk yang memiliki kapasitas besar namun dalam hal kecepatan sangatlah lamban.

Anda mungkin menyukai postingan ini