Perbedaan SSD Dan HDD Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan SSD Dan HDD Yang Harus Kamu Ketahui

SSD vs HDD
Eksploitech - Di era awal kemunculan teknologi Hard Disk Drive (HDD) sudah menjadi media penyimpanan di beberapa perangkat, akan tetapi pada zaman sekarang muncul media penyimpanan baru yang lebih bagus dari Hard Disk Drive (HDD), media itu bernama Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanan baru yang siap menggantikan HDD.

nahh dari situ munculah pertanyaan di benak kita, apa sihh perbedaan dari HDD dan SSD? sebelum kamu membeli media penyimpanan SSD untuk laptop/komputer kesayangan kamu ada baiknya kita simak dulu penjelasannya di bawah ini.

apa itu HDD

Hard Disk Drive (HDD) atau yang sering disebut Hard Drive adalah media penyimpanan yang sudah ada dari tahun 90-an kita bisa lihat begitu jadulnya HDD dari penampilannya yang berupa piringan/cakram yang dilapisi oleh bahan logam, jika laptop anda mengalami kerusakan maka bisa dipastikan data digital yang ada di HDD akan rusak/corrupt.

maka dari itu pentingnya kita untuk melakukan backup pada HDD guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. performa HDD bisa dilihat melalui kecepatan cakramnya, semakin cepat cakram pada suatu HDD maka semakin bagus juga performanya untuk menjalankan software laptop/komputer yang berat.

apa itu SSD

Solid State Drive (SSD) adalah media penyimpanan baru yang diperkenalkan pada tahun 2008, SSD memiliki performa yang lebih bagus ketimbang HDD, berbeda dengan HDD, SSD adalah penyimpanan media secara tetap dan tidak memiliki komponen bergerak seperti pada HDD.

dipasaran kita sering menemui SSD yang berbasis flash seperti Flash Disk, Secure Digital (SD) Card, Micro SD Card, Multi Media Card (MMC), dan Compact Flash dll. tapi yang akan kita bahas kali ini adalah SSD Sata yang memiliki bentuk, ukuran serta fungsi yang sama seperti HDD pada umumnya.

perbedaan SSD dan HDD

kecepatan

karena HDD memiliki komponen  yang bergerak untuk mengakses data-datanya, HDD memerlukan waktu untuk memproses data, HDD biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang SSD yaitu sekitar 20 MB/s.

sedangkan SSD tidak memiliki komponen bergerak hal ini menyebabkan SSD memiliki performa yang Top serta lebih "ngebut" ketimbang HDD, SSD membutuhkan waktu untuk mentransfer data sekitar  20 MB/s sampai 2500 MB/s.

kapasitas

untuk kapasitas HDD bisa dikatakan lebih unggul, kamu dapat menemui HDD di pasaran dengan kapasitas yang besar dari 500 GB, 1 TB, 2 TB dll. sedangkan pada SSD hanya mentok pada ukuran-ukuran tertentu saja seperti 120 GB.

harga

selain kapasitasnya lebih besar ketimbang SSD, HDD bisa dibilang lebih murah meriah dibandingkan dengan SSD, dengan mengeluarkan uang sebesar 500rb - 800rb anda sudah dapat HDD sebesar 1 TB sedangkan SSD 120 GB saja harganya bisa mencapai 700rb - 1JT.

ketahanan

dibalik harganya yang murah dan bisa menyimpan kapasitas yang banyak ternyata HDD ini memiliki kelemahan di sisi ketahanannya lohh.. karena memiliki komponen yang bergerak HDD rentan sekali terhadap guncangan dikarenakan komponen nya tersebut.

berbeda dengan SSD yang memiliki komponen yang rapat dan tetap tidak bergerak seperti komponen HDD, sehingga SSD lebih aman terhadap guncangan ketimbang HDD. secara umum  ketahanan SSD memang lebih baik dibandingkan HDD.


suara yang dihasilkan

HDD jika sudah panas (overheat) maka ia akan mengeluarkan suara yang sangat berisik, hal ini wajar mengingat bentuk dari HDD yang berupa piringan berputar sedangkan SSD ia merupakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data, SSD terbuat dari chip memori berbahan silikon sebagai media penyimpanan utamanya (bahan utama yang dipakai SD card), makanya tak heran jika SSD memiliki suara yang lebih hening walaupun sudah overheat.

kesimpulan

HDD maupun SSD sama-sama memiiki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, SSD bisa di ibaratkan sebagai mobil sport yang memiliki performa & kecepatan yang bagus tetapi tidak bisa menampung banyak data, sedangkan HDD bisa di ibaratkan seperti truk yang bisa mengangkut banyak beban/data tetapi memiliki performa & kecepatan yang lamban. sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini